ZIARAH KUBUR DIPERINTAHKAN DAN SUNNAH HUKUMNYA BAGI LAKI-LAKI MAUPUN PEREMPUAN

 




Rasululloh Tidak Hanya Memerintahkan Ziarah Kubur, Tapi Beliau Juga Menjelaskan Manfaat-Manfaat Dalam Melaksanakan Ziarah Kubur. Hal Ini Seperti Yang Dijelaskan Dalam Hadits Berikut.

Rasulullah Shallallohu ‘Alaihi Wa Sallam, Bersabda :

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرً

“Dahulu Saya Melarang Kalian Berziarah Kubur, Tapi [Sekarang] Berziarahlah Kalian, Sesungguhnya Ziarah Kubur Dapat Melunakkan Hati, Menitikkan [Air] Mata, Mengingatkan Pada Akhirat, Dan Janganlah Kalian Berkata Buruk [Pada Saat Ziarah].” (HR. Hakim).

Al-Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali, Berkata :

زيارة القبور مستحبة على الجملة للتذكر والاعتبار وزيارة قبور الصالحين مستحبة لأجل التبرك مع الاعتبار

 “Ziarah Kubur Disunnahkan Secara Umum Dengan Tujuan Untuk Mengingat (Kematian) Dan Mengambil Pelajaran, Dan Menziarahi Kuburan Orang-Orang Shalih Disunnahkan Dengan Tujuan Untuk Tabarruk (Mendapatkan Barakah) Serta Pelajaran.” (Al-Ghazali, Ihya’ Ulum Ad-Dien, Juz 4, Hal. 521)

Asy-Syeikh Ibnul Haj Al-Maliki, Menerangkan : 

إنَّ زِيَارَةَ قُبُورِ الصَّالِحِينَ مَحْبُوبَةٌ لِأَجْلِ التَّبَرُّكِ مَعَ الِاعْتِبَارِ، فَإِنَّ بَرَكَةَ الصَّالِحِينَ جَارِيَةٌ بَعْدَ مَمَاتِهِمْ كَمَا كَانَتْ فِي حَيَاتِهِمْ

“Sesungguhnya Menziarahi Makam Orang-Orang Shaleh Dianjurkan, Guna Memperoleh Keberkahan Dan Pelajaran. Sebab, Berkah Orang-Orang Shaleh Senantiasa Masih Mengalir Setelah Mereka Wafat, Sebagaimana Ketika Mereka Masih Hidup.”  (Ibnul Haj Al-Maliki, Al-Madkhal, Juz 1, H. 255)

Asy-Syeikh Khatib Asy-Syarbini, Menyebutkan :

يُنْدَبُ لَهُنَّ زِيَارَةُ قَبْرِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِنَّهَا مِنْ أَعْظَمِ الْقُرُبَاتِ، وَيَنْبَغِي أَنْ يُلْحَقَ بِذَلِكَ بَقِيَّةُ الْأَنْبِيَاءِ وَالصَّالِحِينَ

“Disunnahkan Bagi Perempuan Menziarahi Makam Rasulullah Shallallahu A’laihi Wasallam, Karena Hal Itu Merupakan Sarana Terbesar Untuk Mendekatkan Diri Kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Dan Sepatutnya, Makam-Makam Para Nabi Dan Orang-Orang Shaleh Disamakan Dengan Makam Rasulullah Shallallahu A’laihi Wasallam.” (Muhammad Bin Muhammad Al-Khatib Assyarbini, Al-Iqna’ Fi Halli Alfadzi Abi Syuja’, H. 423)

Adapun Pengkhususan Kata “Perempuan” Dalam Satu Teks Terakhir Tersebut Di Atas Mengandung Makna Bahwa Perempuan Saja Disunnahkan Menziarahi Makam Wali, Terlebih Lagi Bagi Seorang Laki-Laki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKAM AL-HABIB HASAN BIN AHMAD AL-QADRI (KERAMAT LANGIT KEDOYA), ADALAH SALAH SATU MAKAM WALIYULLOH YANG EMPAT TAHUN LAMANYA DICARI-CARI OLEH SEORANG HABIB, DARI SEKIAN BANYAKNYA MAKAM PARA HABAIB AULIYA ALLOH YANG SUDAH DIZIARAHINYA

WALIYULLOH AL-HABIB HASAN BIN AHMAD AL-QADRI SHOHIBUL MAQOM (KERAMAT LANGIT KEDOYA) DENGAN AL-HABIB MUHAMMAD BIN HASAN AL-AYDARUS KEDOYA HADIR DALAM MAJELIS MAULID BERSAMA PARA AULIYA ALLOH SWT LAINNYA

ADA 5 MAKAM HABAIB DI TANAH BETAWI KEDOYA, APABILA INGIN MENGHADIAHKAN AL-FATIHAH DAN DO’A, SERTA MENZIARAHINYA UNTUK MENDAPATKAN KEBERKAHANNYA YANG DIMAKAMKAN DARI THN 1950-2003 M / 1369-1424 H